Cara Lengkap Memeriksa SEO Website Anda Hanya Dalam 1 JAM Saja – Bagian 2
3. Lakukan pemeriksaan SEO pada halaman – on page SEO (10 menit)
Saat mengevaluasi website dan hasil dari penelusuran Anda, ada banyak hal yang perlu diperiksa untuk memastikan bahwa situs Anda telah dioptimalkan dengan benar.
Untuk memulainya, coba cari halaman, judul, dan tag judul yang merupakan duplikat.
Jika Anda telah mempublikasikan banyak konten dengan tema serupa, seperti saya, beberapa konten yang tampaknya tidak berhubungan akan muncul di hasil penelusuran Anda.
Tidak apa-apa. Anda mencari duplikat dari konten yang sama.
Anda dapat menggunakan aplikasi online semisal Copyscape untuk membantu memeriksa potensi masalah SEO yang dapat timbul dari konten duplikat tersebut.
Setelah itu, periksa dengan seksama beberapa kriteria utama yang dinilai Google dalam penentuan peringkat mereka.
Judul Halaman dan Tag Judul
Tag judul adalah kode HTML yang berhubungan langsung ke mesin pencari judul halaman. Informasi ini akan ditampilkan pada SERPs. Terlihat seperti ini :
Anda tentu ingin memastikan hal tersebut relevan dengan konten yang ditemukan di halaman Anda. Konten juga harus diposisikan dengan cara yang menjawab apa yang dicari oleh target audiens Anda.
Panjang optimal dari sebuah tag judul adalah antara 56-60 karakter.
Anda dapat menggunakan pixel width checker untuk memastikan bahwa judul Anda tidak terpotong.
Meta Deskripsi
Meskipun deskripsi meta tidak mempengaruhi peringkat Anda di Google, namun tetap sangat penting. Anda harus memastikan deskripsi meta Anda menarik bagi pelanggan atau pengguna website Anda.
Meta deskripsi harus menarik, dapat membujuk, serta memberikan gambaran jelas dari apa yang pengguna akan temukan pada halaman Anda.
Baru-baru ini Google memperluas batasan untuk sebuah deskripsi dari 160 hingga 320, yang tentu saja sekarang memberi Anda lebih banyak lagi pengguna untuk melakukan klik.
Hirarki Harus Jelas
Anda tentu ingin memastikan konten Anda telah diatur dengan hirarki yang jelas dalam sebuah halaman.
Dengan begitu, akan mudah bagi Google untuk menganalisis website Anda dan mengindekskannya ke dalam daftar pencarian.
Penempatan Kata Kunci
Setiap halaman di situs Anda harus memiliki kata kunci fokus yang termasuk ke dalam 100 kata pertama.
Misalnya, dalam postingan tentang social proof berikut, kata “social proof” sendiri muncul dua kali dalam 100 kata pertama yang ditampilkan.
Ini akan membantu Google memahami apa yang menjadi fokus bahasan dari sebuah posting. Tetapi jangan berhenti sampai di situ.
Ada banyak tempat lain yang harus Anda masukkan kata kunci untuk memengaruhi peringkat dari website Anda.
Meskipun keyword stuffing dapat memberikan Anda penalti, Anda masih dapat bersikap strategis untuk menempatkan beberapa kata kunci tertentu pada halaman website Anda.
Secara keseluruhan, pemeriksaan SEO pada halaman sangatlah penting, tetapi kembali lagi mereka hanya satu bagian dari keseluruhan rangkaian strategi SEO Anda.
4. Mengelola tautan (link) internal dan eksternal website Anda (10 menit)
Saya telah menyebutkan bahwa website dengan hirarki yang jelas dapat meningkatkan peringkat SEO.
Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksa kembali tautan internal dan eksternal Anda.
Seringkali halaman website dapat dihapus atau dipindahkan, yang dapat mengakibatkan tautan menjadi rusak pada website Anda.
Tetapi jangan khawatir. Anda tidak harus melakukan ini secara manual.
Integrity dan Xenu Sleuth adalah dua dari sekian banyak alat atau software yang dapat diunduh dan dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi tautan yang rusak di situs Anda. (Catatan: Integrity hanya berfungsi untuk Mac.)
Meskipun kedua alat ini sangat mudah untuk digunakan, saya akan menggunakan Integrity sebagai contoh.
Setelah Anda mengunduhnya, tambahkan URL Anda di bilah teks pada bagian atas halaman dan klik “Go”.
Setelah itu program ini akan mulai menguji semua tautan yang ditemukan di website Anda dan memberikan hasilnya.
Di bagian kiri atas, Anda dapat melihat laporan yang menjabarkan berapa banyak tautan yang telah dicek dan berapa banyak yang dianggap buruk.
Tergantung kepada ukuran website dan berapa banyak tautan yang Anda miliki, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk melihat hasilnya melalui tautan, halaman, status, atau tampilan datar agar dapat lebih mudah memahaminya.
Selanjutnya, Anda tentu ingin membuka website Anda dan mengubah tautan apa pun yang ditandai dengan arsiran merah dengan label “404 tidak ditemukan” karena ini dapat berdampak negatif pada SEO Anda.
Google melakukan penilaian skor klik dari tautan internal dan eksternal secara berbeda, meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan SEO Anda.
5. Periksa kecepatan website Anda (10 menit)
Orang-orang tidak sabar. Google tahu akan hal ini. Para pelanggan Anda pun tidak ingin menunggu.
Semakin lama halaman website Anda dimuat, semakin tinggi peluang pengunjung website Anda akan terpental.
Itulah sebabnya mereka akan mulai memperhitungkan kecepatan akses dari sebuah website ketika menilai peringkat Anda.
Perubahan ini telah diumumkan dan akan dimulai pada Juli 2018.
Jadi bagaimana sebaiknya Anda mempersiapkannya? Anda perlu memeriksa kecepatan situs Anda. Dan PageSpeed Insights milik Google dapat membantu.
Google’s PageSpeed Insights
PageSpeed Insights milik Google menyediakan:
- Data kecepatan situs Anda
- Bagaimana performa situs Anda terhadap situs lain
- Rekomendasi-rekomendasi untuk meningkatkan kecepatan Anda
Pertama-tama, kunjungi website PageSpeed Insights untuk mendapatkan laporan Anda.
Setelah mengetikkan URL website Anda dan meng-klik analyze, Google akan memberitahu berapa kecepatan situs Anda dan juga nilai “optimization rating” pada perangkat seluler maupun desktop.
Anda dapat beralih antara nilai untuk ponsel atau desktop dengan menggunakan dua opsi yang ada di bagian atas halaman.
Lalu apa yang dapat Anda lakukan dengan semua informasi baru ini?
Nah, jika situs Anda kurang cepat (semakin kecil waktu loading semakin baik), jangan khawatir.
Google memberikan rekomendasi pengoptimalan bagi Anda untuk diterapkan dan meningkatkan kecepatan website Anda.
Anda mungkin perlu mengoptimalkan gambar Anda, mengecilkan ukuran JavaScript, memanfaatkan cache browser, atau hal-hal lainnya.
Google akan menjelaskan apa saja yang perlu Anda lakukan agar website Anda menjadi lebih baik.
6. Manfaatkan analytics dan bandingkan pengukuran/metrik website Anda (10 menit)
Yang ingin Anda ketahui di sini adalah apakah layanan analitik Anda (seperti Google Analytics, Kissmetrics, dll.) melaporkan data metrik secara langsung.
Jika ya, maka kode Anda telah dipasang dengan benar. Jika tidak, berarti kode Anda tidak terpasang dengan benar dan perlu diperbaiki.
Jika Anda menggunakan Google Analytics, Anda ingin kode pelacak ditempatkan di atas tajuk (header) pada setiap halaman website.
Setelah Anda memasang dan menjalankan layanan analitik, bandingkan data metrik dengan hasil penelusuran “site: rootdomain” Anda sebelumnya.
Jumlah halaman yang ditampilkan dalam data metrik Anda harus mirip dengan jumlah halaman dari kolom pencarian “site: rootdomain”.
Jika tidak, maka terdapat beberapa halaman yang tidak menerima permintaan penelusuran dengan benar.
Periksa rasio pentalan Anda
Google Analytics dapat membantu untuk menilai rasio pentalan halaman Anda. Anda ingin rasio pentalan rendah agar peringkat website Anda meningkat.
Rasio pentalan yang tinggi mengindikasikan bahwa ternyata orang-orang tidak menemukan apa yang mereka cari pada website Anda.
Jika itu terjadi, berarti Anda harus kembali dan memastikan konten yang disediakan telah dioptimalkan untuk audiens Anda.
Anda dapat memeriksa rasio pentalan dengan masuk ke dalam akun Google Analytics Anda dan mengeklik Audiences > Overview.
Bandingkan metrik dengan MozBar
Selain itu, Anda dapat menggunakan alat dari Moz yang bernama The Mozbar untuk melakukan benchmark antar halaman.
MozBar adalah program yang dapat memberikan Anda berbagai macam rincian SEO halaman website atau halaman dari hasil mesin pencari.
Program ini akan menambahkan lapisan berupa toolbar ke dalam browser Anda dengan sejumlah fungsi. Misalnya, MozBar dapat digunakan untuk menyoroti berbagai jenis tautan yang Anda lihat.
Ini sangat berguna. Selain itu program ini juga memungkinkan Anda untuk membandingkan metrik tautan pada atau antar halaman website.
Tidak sampai di situ saja, program ini juga dilengkapi dengan alat pencarian yang tangguh sehingga memudahkan Anda.
Dengan itu, Anda dapat membuat pencarian khusus berdasarkan lokasi, hingga tahap kota. Page Authority juga didukung oleh MozBar.
Program ini akan memberikan nilai dari 1 hingga 100 dalam hal seberapa baik sebuah website akan muncul pada halaman hasil mesin pencari.
Saat melakukan audit SEO, memiliki alat seperti ini tentu akan membantu Anda lebih cepat dalam mengukur hubungan situs Anda dengan mesin pencari.
Semakin sedikit Anda menebak-nebak, dan semakin baik kualitas audit SEO Anda. Dengan versi 3, Anda bahkan dapat memantau aktivitas media sosial.
7. Periksa SEO off-site Anda dan lakukan audit backlink (10 menit)
Tautan balik (backlink) sangat penting untuk keberhasilan SEO. Dengan cara ini, Google dan mesin pencari lainnya akan tahu bahwa halaman website Anda sangat relevan dan pengguna lain akan menemukannya bermanfaat.
Ingat bahwa hyperlink bukan satu-satunya hal yang dicari crawler pada SEO off-site. Website Anda juga ditelusuri terkait dengan penyebutan merk Anda.
Inilah mengapa penting bagi Anda untuk memperhatikan apa yang terjadi baik di dalam maupun di luar website Anda.
Lakukan audit backlink Anda
Gunakan alat seperti Ahrefs untuk melakukan audit backlink dan menilai jenis backlink apa yang akan Anda gunakan pada website Anda.
Audit backlink sangat membantu karena :
- Anda dapat menilai profil tautan saat ini dan melihat bagaimana pengaruhnya terhadap website Anda.
- Anda dapat mengidentifikasi area tempat Anda sehingga dapat lebih fokus untuk mendapatkan lebih banyak tautan bernilai tinggi.
- Anda dapat menilai jumlah backlink pesaing Anda dan berupaya mengunggulinya.
Tetapi jangan hanya berhenti dengan audit backlink website Anda. Pesaing Anda selalu sibuk untuk meningkatkan kemampuan SEO mereka sendiri saat Anda sedang tertidur.
Sekarang, bisa jadi peringkat mereka berada di atas Anda. Pada saat seperti inilah alat seperti SEMRush berperan.
SEMRush adalah alat yang memungkinkan Anda untuk melihat apa kata kunci yang diincar peringkatnya oleh website lain. Ini juga menunjukkan backlink seperti apa yang menuju website-website tersebut.
Pada dasarnya, Anda ingin menjelajahi backlink pesaing dan membandingkannya dengan milik Anda.
Ada alat-alat lain yang memungkinkan Anda untuk melakukan ini jika Anda tidak ingin menggunakan SEMRush.
Misalnya, Anda dapat menggunakan Moz Open Site Explorer atau Ahrefs Domain Comparison.
Ahrefs Domain Comparison tidak gratis, namun ada uji coba selama tujuh hari dengan harga $ 7 saja. Selain memeriksa backlink, Anda juga harus memeriksa kata kunci.
Kata kunci apa yang diincar oleh pesaing Anda?
Prosedur audit SEO ini berguna untuk mencari tahu informasi penting tentang di mana letak pesaing Anda dapat mengalahkan Anda pada SERPs.
Anda tentu ingin informasi ini dan menerapkannya di website untuk melawan pesaing Anda.
Pastikan Anda melibatkan media sosial
Media sosial adalah saluran konsistensi bagi backlink. Anda dapat menggunakannya untuk mendukung upaya SEO Anda.
Anda ingin mengetahui platform media sosial mana yang sering dikunjungi oleh target audiens Anda. Sederhananya, media sosial dapat meningkatkan SEO Anda dengan :
- Meningkatkan jumlah backlink Mereka yang menemukan konten Anda di media sosial mungkin cenderung akan menautkannya.
- Meningkatkan kesadaran brand, yang dapat membantu dengan permintaan pencarian termasuk nama brand
Media sosial adalah peluang untuk meningkatkan jumlah traffic dan mentions di luar apa yang dicari orang pada mesin pencari.
Kejenuhan media sosial juga lebih sederhana daripada menyusun kampanye link building.
Gunakan Facebook Sharing Debugger untuk melihat seperti apa tampilan konten website Anda ketika dibagikan di Facebook.
Alat ini juga memungkinkan Anda untuk memeriksa Open Graph tags Anda.
Kesimpulan
Para ahli di bidang pengoptimalan mesin pencari selalu memperdebatkan berbagai macam alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan audit SEO.
Tetapi ada satu hal yang mereka semua sepakati : Anda perlu mengaudit kinerja SEO Anda untuk menjaga peringkat SEO website Anda.
Algoritma mesin pencari, cara praktek terbaik (best practices), trend pasar, dan para pesaing selalu bergerak.
Apakah situs website Anda sudah diperbarui?
Cara Lengkap Memeriksa SEO Website Anda Hanya Dalam 1 Jam Saja ini diharapkan dapat membantu Anda untuk membuat penyesuaian-penyesuain cepat di antara audit SEO utama sehingga Anda dapat mempercepat strategi maupun mengatasi masalah yang ada dengan lebih cepat.
Gunakan Screaming Frog SEO Spider Tool untuk memulai audit Anda dengan penelusuran.
Hilangkan konten duplikat dengan Copyscape. Pastikan situs web Anda tidak memiliki versi duplikat, cari situs Anda sendiri untuk melihat hasil apa yang muncul, dan lakukan pemeriksaan SEO di halaman Anda.
Pantau analitik situs Anda melalui Google Analytics atau unduh MozBar untuk akses cepat ke metrik.
Periksa SEO off-site Anda, lihat peta persaingan yang ada, dan pastikan Anda melibatkan platform media sosial.
Ketika Anda sudah selesai, evaluasi kembali strategi SEO Anda dan bangun strategi branding di sekitarnya.
Semakin Anda memenuhi situs dan media sosial Anda dengan konten yang berharga dan terorganisasi dengan baik, maka hal tersebut turut menjadikan daftar pencarian Anda jauh lebih relevan.
Jika Anda konsisten, peringkat SEO Anda akan lepas landas tidak seperti sebelumnya.
Lalu pertanyaan saya, unsur-unsur SEO teknis apa yang sudah Anda evaluasi secara teratur? Sampai jumpa kembali pada artikel selanjutnya.
Baca juga: https://becreativedigital.web.id/tingkatkan-performa-seo-website-anda-bagian-1/